Festival Video Edukasi 2013


Festival Video Edukasi adalah sebuah festival video yang berkonsentrasi pada tema-tema pendidikan. Festival ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTP), salah satu unit pelaksana teknis di lingkungan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Tahun 2013 ini Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan menyelenggarakan festival video edukasi yang ke 5, terbuka bagi masyarakat umum yang ingin berkompetisi di ajang ini.

Jejak Festival Video Edukasi (FVE) Festival Video Edukasi adalah sebuah festival video yang berkonsentrasi pada tema-tema pendidikan. Festival ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTP), salah satu unit pelaksana teknis di lingkungan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan.
Semangat yang menyertai festival ini sikap kritis terhadap tayangan televisi yang di dominasi kepentingan hiburan. Kuatnya dominasi hiburan ini menyebabkan terabaikannya nilai-nilai yang bersifat mendidik. Festival ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membuat sendiri tontontan alternatif yang mengedepankan pendidikan budi pekerti.

FVE pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007. Saat itu BPMTP (dulu masih bernama BPMTV) berkantor di Jl. Genie Tentara Pelajar 26 Surabaya. FVE perdana ini mengusung 3 kategori yaitu pendidikan budi pekerti, pendidikan luar biasa untuk tuna rungu dan filler pendidikan. Sebanyak 112 peserta berpartisipasi mengirimkan karya pada FVE 2007 yang bertema “Kita ciptakan karya video edukasi yang santun dan mencerdaskan untuk menyukseskan program pendidikan untuk semua”.
Juri dalam FVE 2007 adalah Bambang Sudjati (Televisi Edukasi), RiriReza (sutradara), TikaBisono (psikolog), Endang Purbaningrum (dosen PLB UNESA, dan Ir. Simon SiliSabon (Staf Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Puslitbang Kemdikbud). Penjurian dilakukan selama 4 hari di Hotel InnaTretes, Pasuruan, Jawa Timur.

Sumber : Setjen Kemdikbud

Tidak ada komentar :